Situs Resmi Dinas Ketahanan Pangan Prov Kalbar

GPM Cegah Gejolak Harga Komoditas Bahan Pokok di Kabupaten Landak

 

Penjabat (Pj) Bupati Landak Samuel mengatakan, Gerakan Pangan Murah (GPM) akan mencegah gejolak harga bahan pokok yang rawan terdampak inflasi menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Sehingga, harga komoditas bahan pangan tetap stabil sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah. 

"Kegiatan GPM dimaksudkan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan untuk mencegah dan atau menanggulangi gejolak harga pangan terutama pada saat menjelang hari raya," kata Pj Bupati Landak Samuel di halaman Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak,Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) pada Selasa (26/3/2024).

GPM, lanjut Samuel, dapat mengendalikan inflasi yang mempengaruhi harga pada komoditas bahan pokok. Komoditas yang dimaksud antara lain beras, minyak goreng, gula, telur dan bawang.

Samuel optimis, pihaknya dapat maksimal dalam mengendalikan inflasi yang berpengaruh pada komoditas bahan pokok. Berkaca pada pengalaman sebelumnya, Kabupaten Landak berhasil meraih peringkat 1 (satu) pengendali inflasi terbaik tingkat zona Kalimantan. 

"Kondisi harga pangan pokok strategis sedang mengalami kenaikan sehingga melatarbelakangi kegiatan ini sebagai salah satu upaya pengendalian harga pangan pokok strategis," kata Samuel. 

Kemudian, GPM yang diselenggarakan oleh pihaknya, dapat membuat komoditas bahan pokok tersedia dengan harga stabil. Dan kualitas dari bahan pokok pun tetap terjaga di Kabupaten Landak dalam beberapa waktu ke depan. 

"Dengan adanya kegiatan GPM ini, diharapkan pasokan dan harga pangan di Kabupaten Landak senantiasa tersedia dalam jumlah yang memadai, bermutu baik, harga yang wajar serta tetap stabil, sehingga kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi dengan baik," harap Samuel.

Diketahui, Bupati Landak Samuel menghadiri Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan dalam Rangka Menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Sumber : Landak info publik

March 26, 2024

Dinas Ketahanan Pangan Prov Kalbar

Website resmi Dinas Ketahanan Pangan provinsi Kalimantan Barat

Jln.Adisucipto No.48 Pontianak Kalimantan Barat
0561732436
disketpangan@kalbarprov.go.id